Cek & Ricek – Indonesia's Entertainment Leading

SEPENGGAL REPERTOAR BALAWAN & DIDIET DI PEMBUKAAN SALIHARA JAZZ BUZZ 2013

Jakarta, C&R Digital – Balawan & Didiet sukses membuka festival musik jazz tahunan yang digelar Komunitas Salihara bertajuk Salihara Jazz Buzz 2013 akhir pekan lalu. Dalam penampilannya tersebut gitaris I Wayan Balawan dan pebiola Sigit Arditya atau Didiet membawakan repertoar musikal terkonsep dongeng sebelum tidur.

Dengan set panggung layaknya kamar bayi lengkap dengan sofa dan tempat tidur bayi, Balawan beradegan sedang menemani anaknya yang hendak tidur. Tak lama, Didiet naik ke atas panggung dan berdialog untuk mengajak Balawan berlatih musik. Itu masih ditambah hadirnya pemain bas Fajar Adi Nugraha yang diajak juga oleh Balawan berlatih.

Mereka langsung membawakan lagu What’s Left in Bali, One Day We Will Make It, dan Mie Goreng. Beberapa dialog pun mereka bicarakan seperti harga susu anak yang mahal hingga menggoda perempuan yang lewat di depan mereka dengan sebuah lagu.

Beberapa lagu lain yang juga mereka bawakan adalah As Long as I Can Live, Ririmemeri, Mainz in My Mind, Your Love Is, dan Love to Be Around You. Petikan gitar dari Balawan dipadu dengan gesekan biola oleh Didiet terdengar sangat harmonis. Lebih lagi ditambah betotan bas dari Fajar.

Lagu berjudul Country Beleganjur dan Turkish March dibawakan mereka bertiga sangat apik. Menjelang penampilan akhir mereka bertiga, sangat anak yang sudah tertidur pulas bermimpi kalau sang ayah, Balawan, tengah menggelar sebuah konser dengan teman-teman bermusiknya.

Dalam mimpi tersebut, hadir juga seorang drummer yang menemani Balawan, Didiet, dan Fajar membawakan lagu anak-anak nan jenaka Sang Bango. Mimpi ayahnya sedang menggelar konser menjadi sangat nyata dengan adegan Balawan dan bandnya berganti baju dan menyapa penonton di depan anaknya yang tengah tertidur. Lagu Bali Dance menjadi penampilan akhir mereka berempat.

Sepanjang penampilannya, kedua musisi Balawan dan Didiet yang memiliki gaya bermain jazz ini benar-benar menghadirkan komposisi-komposisi terbaru yang eksploratif, cerdas, penuh inovasi, dan segar, yang tak sulit ditemui di panggung-panggung jazz pada umumnya.

Bagus Zuhair

BAGUS ZUHAIR

Email [email protected]

Leave a Comment