10 Wanita Paling Berkuasa di Asia (9)

9.  Cher Wang (Co-Founder and Chair, HTC)

Jakarta, C&R Digital - Cher Wang, lahir pada 14 September 1958. Ia adalah salah satu pendiri HTC, produsen ponsel pintar asal Taiwan. Kini ia menempati posisi chairwoman di HTC. Di 2011, majalah Forbes menobatkan Cher di posisi 20 wanita paling berkuasa di dunia teknologi wireless sebagai terkaya di Korea Selatan, dengan total kekayaan mencapai US$ 6,8 miliar.

Pada 2005, dia terpilih sebagai salah satu inovator dan eksekutif muda yang layak dipantau di Asia. Pada 2011, majalah Forbes menobatkan ibu dua anak ini sebagai perempuan terkaya di Negeri Gingseng, dengan total kekayaan mencapai US $6,8 miliar.

Walaupun terlahir sebagai anak pengusaha kaya di Taiwan, tidak lantas membuat Cher Wang tumbuh sebagai anak manja yang hobi menghambur-hamburkan uang. Di usianya yang ke-52 tahun, putri dari Wang Yung-Ching ini memainkan peran penting di industri ponsel lewat vendor HTC yang didirikannya. Cher Wang mendirikan HTC Corporation dan VIA Technologies bersama suaminya, Wen-chi Chen.

Dia diasumsikan menyerupai ayahnya yang dijuluki sebagai 'Raja Operasi Bisnis', sebagian karena bakatnya dalam melihat peluang. Wang berasal dari dinasti yang menguasai bisnis teknologi. Mendiang ayahnya adalah orang terkaya kedua di Taiwan, yang sukses mendirikan perusahaan plastik dan petrokimia Formosa Plastics Group. Tapi, terlepas dari latar belakang istimewa keluarganya, secara luas Wang dianggap berhasil membangun kesuksesan berkat upayanya sendiri.

 

Selanjutnya

Media

www.TV.CekRicek.co.id

ENTERTAINMENT NEWS ONLINE