Nini Carlina Mencari Bibit Penyanyi Cilik

Musik
Typography

 

C&R Digital - Nini Carlina merasa tergugah oleh terpinggirkannya lagu dan dolanan tradisional anak-anak. Setelah meluncurkan lagu kampanye berlalu lintas yang dibawakan keponakannya, ia meneruskan proyek kebangkitan industri dan lagu anak. Nini menggelar kontes penyanyi cilik di empat kota besar : Jakarta, Jabar, Jateng, dan Jatim.

Beberapa mainan tradisional seperti congklak, gobak sodor, main karet, hingga dakon, membentang di area kediaman Fitri Carlina, adik Nini, di kompleks Cibubur Country, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/3).

Mainan tradisional tersebut dibawakan bergantian oleh 18 anak-anak berusia 4-7 tahun, untuk kepentingan proses pengambilan gambar video klip lagu berjudul Dikilik-Kilik. Beberapa model direkrut dari anak-anak asuh keluarga Nini dari pondok pesantren di Cikeas, Bogor.

Dolanan itu terkait dengan proyek terbaru Nini untuk membangkitkan kembali musik anak Indonesia yang termarjinalkan. Menurut Nini, dolanan tradisional dan lagu anak bernasib sama, sama-sama terpinggirkan.

Selain lagu itu, di hari yang sama, Nini juga merampungkan syuting klip lagu Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Salam-salaman, dan Allah Maha Besar. Tentu saja, lagu-lagu itu tidak dinyanyikan penuh oleh Nini, melainkan oleh keponakannya, Syaqila Aira Chantika, Syafa Alya Chantika, dan Janeeta Putri Chandra.

Dua lagu terakhir diciptakan oleh Jalis Adiluhung, pencipta hit populer Gantengnya Pacarku yang dipopulerkan Nini tahun 1992. Nini mengatakan, konsep menggabungkan dolanan tradisional dan lagu anak, terkait dengan benang merah atas target yang sedang dirancang.

“Dolanan dan lagu anak-anak sama-sama terpinggirkan, langka, dan ditinggalkan. Saya satukan lewat Garputala atau gerakan pelopor kebangkitan lagu anak Indonesia,” katanya, usai syuting berlangsung.

Empat video klip yang digarap itu rencananya akan masuk ke dalam album anak-anak berisi sepuluh lagu berjudul Kado untuk Anak Indonesia - Volume 1”.

Rencananya, album di bawah naungan manajemennya, NC Production, akan dirilis akhir Maret 2017, sebagai kado anak-anak Indonesia, berbarengan dengan Hari Musik Nasional, Pendidikan Nasional (2 Mei 2017), dan menjelang Ramadan 2017. “Ini proyek Gusti Allah untuk persembahan anak-anak Indonesia,” tambahnya.

 

BACA JUGA : 

Tegar Jual Motor Untuk Bangkit

Eksistensi JKT48 di Usia Kelima

Adriana Lima Ingin Jadi Biarawati