Penghargaan Pers Yang Tertunda

Fokus
Typography

 

C&R Digital -- Penghargaan Hari Pers Nasional 2017 kepada pelopor media pers Indonesia diserahkan di Istana Wakil Presiden Jakarta, Jumat (28/4) siang. Penyerahan dilakukan Ketua Umum PWI Pusat/Penanggung Jawab HPN 2017 Margiono, disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menkominfo Rudiantara.

Para penerima penghargaan tersebut adalah Ilham Bintang (Pemimpin Redaksi Tabloid dan Tayangan Cek & Ricek) untuk kategori Pelopor Infotainmen, Pieter F. Gontha (Duta Besar Indonesia di Polandia) untuk kategori Pelopor Berita Televisi Swasta, dan Budiono Darsono (pendiri detik.com) untuk kategori Pelopor Media Siber.

Selain penghargaan kepeloporan, surat kabar Kompas terpilih sebagai penerima penghargaan kategori Humanisme Kebangsaan. Majalah Berita Tempo kategori Jurnalisme Investigasi. Radio Suara Surabaya kategori Jurnalisme Warga. Majalah Femina kategori Majalah Wanita. Program Indonesia Lawyers Club (ILC) yang dipandu Karni Ilyas (tvOne) kategori Talkshow Berita. Sedangkan program Kick Andy dengan pemandu Andy F. Noya (MetroTV) kategori Talkshow Inspiratif Filantropi.

Menurut penanggung jawab HPN 2017 Margiono, penghargaan tersebut adalah wujud apresiasi dan pengakuan komponen pers nasional kepada kiprah baik media pers nasional dan insannya selama ini.

Penghargaan untuk berbagai katagori itu sedianya diserahkan di depan Presiden RI Joko Widodo pada puncak acara HPN 2017 di Ambon, Maluku, 9 Februari lalu. Namun, menurut informasi, acara itu mendadak ditiadakan di menit-menit terakhir oleh protokol Istana Kepresidenan.

Syukurlah lebih dua bulan kemudian penyerahan penghargaan pers bisa direalisasikan. Wapres Jusuf Kalla tak lupa menyampaikan apresiasinya dengan menyalami satu per satu penerima penghargaan masyarakat pers berbagai kategori tersebut.