Kartun Ramadhan Mat Jo, Pembelajaran Puasa Sejak Dini

  • Kamis, 02 Agustus 2012 11:30
  • Oleh : 

Jakarta, C&R Digital - Untuk mengajarkan anak-anak berpuasa sejak dini, Kompas TV menghadirkan film kartun Ramadhan Mat Jo dalam program acara Ramadan. Mat Jo juga mengangkat cerita mengenai kisah-kisah pada era Nabi Muhammad SAW.

Program ini dibeli dari Malaysia Status Company (MSC) Elite Animation Sdn Bhd. Perusahaan ini telah menadatangani perjanjian distribusi dengan Everest International Distribution (USA) pada tahun 2010. Kedua pihak ini telah menandatangani lisensi internasional dan perjanjian distribusi untuk Amerika, Eropa, Afrika, dan Timur Tengah senilai sekitar US$ 3 juta.

“Film ini ditargetkan untuk anak-anak usia 5-14 tahun. Menceritakan anak desa, Mat dan Jo yang bersahabat, mereka berusaha menjalankan ibadah puasa selama sebulan,” kata Ayu Ivonne, dari bagian Program Kompas TV.

“Ceritanya sederhanya, memiliki nilai moral, namun tetap dikemas dalam format yang ringan untuk ditonton oleh anak-anak”.

Dalam film ini, Mat dan Jo berusaha melewati segala godaan dan cobaan untuk menyelesaikan ibadah puasa. Film ini mempersembahkan cerita yang berbeda-beda judul setiap harinya, tayang Senin-Minggu pukul 16.30-17.00.

Mat Jo mengambil latar belakang kehidupan di pedesaan, dikombinasikan dengan penggambaran karakter multiras yang unik serta cerita yang kuat. “Kehidupan masyarakat pedesaan sangat menarik karena menggambarkan kesederhanaan,” kata Ivonne.

Kisah Mat dan Jo sangat menarik karena dapat menginspirasi bagaimana anak kecil pun bisa melalui berbagai godaan yang datang menghampiri mereka, dan menjalani ibadah puasa sebaik mungkin. “Godaan itu termasuk untuk malas bangun saat sahur, menahan diri apabila melihat makanan dan hal-hal simple lainnya. Tapi karena mereka masih anak-anak jadi menarik,” kata Ivonne. (Ayu Utami Larasati)

www.TV.CekRicek.co.id

ENTERTAINMENT NEWS ONLINE